Halloween Costume ideas 2015

Menyediakan segala hal tentang ilmu pengetahuan

Seni Budaya

Seni Budaya

Ketika kita mendengar kata tentang "Seni Budaya",maka yang akan muncul dibenak kita ada kesenian yang berasal dari kebudayaan. Misalnya: Wayang, tenun, batik, tarian, dll. Dikalangan Pelajar sendiri Kata "Seni Budaya" juga sudah tidak asing lagi,karena Seni Budaya juga masuk kedalam salah satu mata pelajaran yang ada di sekolah.Tapi sebelum kita berbicara lebih jauh lagi tentang Seni Budaya,Sudahkah kita tahu pengertian Seni Budaya ? Seni Budaya Terdiri atas 2 kata yaitu "Seni" & "Budaya". Sebelum Membahas lebih dalam lagi tentang Seni Budaya kita akan membahas pengertian dari kedua kata tersebut.

1.      Seni




Seni adalah segala sesuatu yang berasal dari kreativitas manusia yang memiliki unsur keindahan,atau bisa juga kita sebut sebagai ekspresi dari kreativitas manusia.

Seni dapat dibedakan menjadi 3 bentuk yaitu:
1.      Seni yang dapat dinikmati melalui media pendengaran atau (Audio Art).
2.      Seni yang dapat dinikmati melalui media penglihatan (Visual Art).
3.      Seni yang dapat dinikmati melalui media pendengaran dan penglihatan (Audio Visual Art).

2.      Budaya


Budaya atau kebudayaan adalah suatu cara hidup yang berkembang, dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang, dan diwariskan dari generasi ke generasi. Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Melville J. Herskovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Istilah untuk pendapat itu adalah Cultural-Determinism.

Melville J. Herskovits menyebutkan kebudayaan memiliki 4 unsur pokok, yaitu:
·         alat-alat teknologi
·         sistem ekonomi
·         keluarga
·         kekuasaan politik

Jadi Melalui Definisi Kedua kata diatas,kata Seni Budaya dapat kita artikan Sebagai “Hasil dari kreativitas manusia yang menjadi suatu cara hidup yang berkembang pada suatu kelompok manusia yang memiliki unsur keindahan ”



Kesenian Dan Kebudayaan Di Kabupaten Karo

                Sebelumnya kita telah membahas  pengertian Kata Seni dan Kata Budaya. Berikut ini kita akan membahas tentang contoh Kesenian dan Kebudayaan. Suku Batak Karo adalah salah satu Suku tertua yang ada di Indonesia, Oleh karena itu Pasti banyak contoh kesenian dan kebudayaan yang dimiliki oleh suku karo. Berikut ini beberapa Contoh Kesenian Dan Kebudayaan Suku Batak Karo.

1.Kesenian
            Suku Karo memiliki Jenis Kebudayaan yang bisa dikatakan unik, kita akan mengupas keunikan-keunikan yang dimiliki oleh suku batak karo ini satu per satu.
A.Seni Sastra
            Suku Batak karo memiliki Seni Sastra Yaitu misalnya Tulisan Tradisional Karo yaitu aksara Karo, Aksara karo adalah Tulisan Tradisional karo, aksara karo bisa dikatakan Unik karena satu Huruf/Simbol itu mewakili 2 Huruf abjad. Selain Aksara karo, Suku Karo juga mempunyai seni sastra lainnya yaitu, Bahasa Karo, Bagi kalian yang mempunyai teman yang berasal dari suku karo, mungkin kalian merasa dia berbicara terlalu kasar, itu merupakan salah satu keunikan bahasa karo yaitu Logatnya yang sedikit kasar, tapi walaupun begitu Logat yang kasar tersebut tidak menjadi patokan bahwa orang karo adalah orang yang kasar dalam berteman.

B.Seni Tari
           
Menari Merupakan salah satu kegemaran suku batak karo, dalam bahasa karo menari disebut “landek”. Tarian Karo biasanya ditampilkan saat Pesta Perkawinan,Upacara adat dan Dalam Acara Kebudayaan Lainnya. Tarian Tradisional Suku Karo memiliki Gerakan yang Khas yaitu “Endek”. Endek merupakan Posisi dimana Lutut Sedikit ditekuk saat menari. Contoh-contoh tarian tradisional suku karo diantaranya : Tari Ndikar, Tari Piso Surit,Tarian Gundala-Gundala dll.

C.Seni Musik
           

Selain Menari suku karo juga mempunyai kegemaran lain yaitu contohnya Seni Musik. Suku karo memiliki Alat-alat musik tradisional, Misalnya : Keteng-keteng,Sarunai,Gung,Kulcapi,baluat dll. Keteng-keteng merupakan alat music tradisonal karo yang unik, karena Hanya terbuat dari bamboo saja, Cara memainkannya adalah dengan dipukul, Keteng-keteng memiliki 3 suara khas yaitu, Pong,Tang,Cek. Alat-alat music karo biasanya di gunakan untuk mengiringi pesta adat perkawinan, Upacara kematian, atau saat penampilan tarian tradisional suku karo.

D.Seni Pahat/Ukir
           
Seni pahat/Ukir merupakan salah satu kesenian Unik dari Suku Karo ini. Seni pahat atau seni Ukir, biasanya dipergunakan untuk Rumah adat, Seperti yang kita tau, rumah adat suku karo memiliki salah satu keunikan yaitu terdapatnya ukiran-ukiran atau pahatan- pahatan unik, itu merupakan conoth penerapan seni Pahat atau Ukir suku Karo. Salah satu ornament yang terkenal dalam seni pahat/ukir suku karo adalah pengeret-ret, pengeret-ret adalah ornament yang menyerupai hewan Cicak, dan Ornamen ini juga terkadang dibuat Unik dengan warna-warna menarik oleh Suku karo.

2.Kebudayaan
            Suku karo juga memiliki Kebudayaan-Kebudayaan unik yang tidak dimiliki oleh suku-suku lain, Kita akan membahas kebudayaan- kebudayaan unik ini pada artikel ini

A.Guro- Guro Aron
           
Guro- Guro Aron merupakan salah satu kebudayaan unik yang ada di kabupaten karo, Guro-Guro Aron atau yang sering disebut sebagai Kerja Tahun/Pesta Tahunan adalah salah satu kebudayaan Suku Karo, Guro- Guro Aron dibuat sebagi bentuk rasa syukur atas hasil panen yang melimpah, dan biasanya Pada Guro- Guro Aron ini Kesenian-Kesenian Tradisional Suku karo akan ditampilkan sebagai Hiburan. Kegiatan Guro-Guro Aron biasanya di gelar di setiap desa di kabupaten karo setiap tahunnya, selain Kesenian tradisional, Makanan-makanan tradisional suku karo juga akan dihidangkan disini, misalnya: Cimpa, Cipera dan Trites
B.Merdang
           
Merdang merupakan salah satu kebudayaan Suku karo, Merdang adalah waktu dimana orang karo menabur benih di Ladang atau kebun mereka. Biasanya Tradisi merdang ini dilakukan secara Gotong- Royong oleh masyarakat suku karo, dan biasanya Tanaman yang paling sering ditanam oleh masyarakat suku karo adalah Padi atau dalam bahasa karo disebut Page.

C.Rebu
            Rebu adalah salah satu kebudayaan unik yang dimiliki oleh suku karo. Rebu adalah pantangan berbicara kepada orang- orang tertentu. Rebu bukan berarti memiliki konflik atau masalah tapi rebu bertujuan untuk sopan santun, Tradisi rebu ini masih dilakukan oleh masyarakat karo misalnya Kalimbubu kepada anak berunya


            Itu adalah beberapa contoh kesenian dan kebudayaan yang dimiliki oleh salah satu Suku Indonesia yaitu suku karo,Masih banyak Kesenian dan Kebudayaan lain yang dimiliki oleh Suku-Suku di Indonesia. Tugas kita adalah Menjaga dan Melestarikan Kesenian dan kebudayaan Itu agar tidak Punah

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget