Halloween Costume ideas 2015

Menyediakan segala hal tentang ilmu pengetahuan

Macam-macam Tarian Khas Karo

Macam-macam Tarian Khas Karo

1. Tari Tradisional Karo Sumatera Utara - Tari Piso Surit.

Piso Surat adalah salah satu lagu, syair, serta tarian Suku Karo yang menggambarkan seorang pria yang sedang menantikan kedatangan kekasihnya. Penantian tersebut sangat lama dan menyedihkan dan digambarkan seperti burung pincala ( burung yang berekor panjang dan pandai bernyanyi) yang sedang memanggil-manggil. Lagu Piso Surit Karangan Musisi Legendaris Karo Djaga Depari adalah  Lagu yang mengiringi tarian tradisional karo ini.



2. Tari Tradisional Karo Sumatera Utara - Tari Gundala - Gundala


Tari Gundala - Gundala adalah sebuah tari tradisional yang masih dilakukan oleh masyarakat di Desa Seberaya Tanah Karo. Tarian Gundala - Gundala ini dilakukan dengan menggunakan topeng kayu dan baju seperti jubah sebagai kostumnya. Tari Gundala-Gundala ini dilakukan pada musim kemarau untuk mendatangkan hujan, bagi pertanian Masyarakat Karo.


3. Tari Tradisional Karo Sumatera Utara - Tari Ndikkar



 

Ndikkar lebih dikenal sebagai  bela diri atau pencak silat khas Tanah Karo Sumatera Utara. Ndikkar adalah bentuk pertahanan diri tradisional Karo atau Pencak Silat yang tumbuh dan berkembang bersama-sama dengan kebudayaan masyarakat Karo. Ndikkar memiliki ciri-ciri : gerakan yang sangat lambat dan lembut tetapi di saat-saat tertentu gerakan tarian ini akan terlihat keras dan cepat. Khususnya masyarakat Karo, mereka mempelajari Pencak Silat hanya untuk pertahanan diri sendiri. Pada saat ini Ndikkar lebih banyak berfungsi sebagai sarana hiburan masyarakat Karo Sendiri.

 Itu Beberapa contoh tarian Khas Karo, Di indonesia msih banyak lagi tarian-tarian khas dan unik lainnya. Dan sebagai Generasi Muda Sudah Tugas dan Kewajiban kita untuk menjaga serta mengembangkannya.

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Gambar tema oleh fpm. Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget